Sabtu, 23 Juni 2012

Kelebihan CodeIgniter Dibandingkan Framework PHP lainnya


Mengapa Menggunakan CodeIgniter?

CodeIgniter menggunakan arsitektur MVC sehingga aplikasi dapat dikelola dengan cara yang lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan pola procedural dengan function.
CodeIgniter sangat mudah untuk dipelajari dan terdokumentasikan dengan baik dan sangat mudah untuk dikembangkan dengan perintah extend.
CodeIgniter adalah sebuah framework PHP yang sangat ringan (2.1 MB termasuk dokumentasi). Bandingkan dengan framework PHP yang lain :
1. Zend Framework 1.10.2 Full – 24 MB
2. Symfony 1.4.3 – 5.1 MB
3. CakePHP 1.2.6 – 4.5 MB
4. Yii Framework – 4.2 MB
CodeIgniter adalah Framework PHP yang sangat cepat dibandingkan dengan framework yang lain. Proses instalasi sangat mudah, yang kita lakukan hanya unzip file source codenya, kemudian upload file-file tersebut ke host website, secara sederhana yang dilakukan hanya mengeset satu parameter dan selesai. Jika dibutuhkan lebih dari satu, maka lakukan perubahan terhadap variable-variabel config.
CodeIgniter tidak memiliki command line tool seperti pada CakePHP atau Symfony. Bagi programmer yang membutuhkan command line tool, dengan alasan dapat membuat model, view, controller dan hal-hal lain sekaligus. Akan tetapi tidak semua orang membutuhkan sebuah model atau sebuah view untuk controller.
Pertanyaan lain adalah “Mengapa harus membuat framework yang berukuran besar?”. Kebanyakan framework telah dilengkapi dengan library tambahan, seperti : autentikasi, captcha, currency, RSS feed, ajax, koneksi dengan webservice – Twitter, Flickr, dll.), Object Relation Mapper, dan lain-lain. Pada dasarnya sebuah project normal tidak membutuhkan tambahan apapun, cukup dengan apa yang dibutuhkan. Akan tetapi, jika kita membutuhkan tambahan sesuai dengan projek yang kita kerjakan, maka kita bisa mencari berbagai add-on yang dibutuhkan. CodeIgniter dan PHP Framework adalah Open Source, jadi kita dapat mencari add-on yang banyak tersedia secara gratis di internet. Banyak libraries, help, dan berbagai open source yang bisa diunduh.
Keuntungan lain dari CodeIgniter adalah membantu membangun link. Hal ini akan sangat bermanfaat ketika kita memindahkan satu projek dari satu domain ke domain yang lain. Biasanya programmer akan menggunakan alamat relatif.
Contoh link yang dibuat dengan CodeIgniter adalah 2 metoda berikut :
base_url() dan site_url()
Kedua metode akan menghasilkan alamat URL pada aplikasi, akan tetapi terdapat perbedaan kecil di antara keduanya. Hasilnya adalah sebagai berikut :
domain.com/my_blog ; Dengan demikian, base_url() akan menghasilkan alamat URL absolut.
CodeIgniter juga memiliki validasi library yang sangat baik, kita dapat melakukan validasi terhadap data dengan sangat mudah, sebelum melakukan operasi database.
Mengirim email akan menjadi sangat mudah. CodeIgniter memiliki class untuk email, dengan mudah kita dapat mengirim email dengan menggunakan kode berikut :
$this->email->to(“my_friend@example.com”);
$this->email->from(‘me@example.com’);
$this->email->subject(‘Hello from CodeIgniter’);
$this->email->message(‘This is my first email from CodeIgniter.’);
$this->email->send();
Sama halnya dengan mengirimkan attachment, cukup tuliskan kode berikut :
$this->email->attach(‘/relative/path/to/your/attachment.png’);
Demikian, beberapa keuntungan dari CodeIgniter.
Masih banyak keuntungan lain yang bisa kita dapatkan dari sebuah PHP framework
Masukan alamat Email kamu disini untuk mendapatkan artikel terbaru..!

Artikel Yang Berhubungan



advertisment zona

Comments :

0 komentar to “Kelebihan CodeIgniter Dibandingkan Framework PHP lainnya”


Posting Komentar

Terimaksih atas Komentar anda, Semoga Blog ini menjadi lebih baik. Salam....

← Previous Post Next Post → Home
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Hgpromo.org